Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba

Saat travelling, tak lengkap rasanya jika anda tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Indonesia memang dikenal dengan beragam kulinernya yang menarik dan lezat, bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Salah satunya Jawa Timur, yang memiliki makanan khas yang patut dicoba saat berkunjung ke Jawa Timur. Nah berikut ini ada beberapa kuliner khas Jawa Timur yang tak boleh anda lewatkan.

Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan salah satu kuliner khas dari Kota Surabaya yang menjadi ikonik dan favorit banyak orang. Kuliner yang satu ini berbeda dari rujak biasanya, karena rujak ini menggunakan cingur atau irisan mulut sapi sebagai bahan utama.

Cingur tersebut nantinya akan ditambahkan dengan beragam bahan lainny seperti mangga, bekuang, nanas, kedondong, rebusan kangkung, tahu, tempe, tauge, dan lontong. Bahan bahan tersebut nantinya akan dicampurkan dengan bumbu rujak yang terbuat dari gula, cabai, kacang tanah, petis, asam jawa, dan garam. Tentu saja anda akan merasakan rasa pedas dan segar yang membuat anda ketagihan.

lontong-balap

Soto Lamongan

Soto memang menjadi salah satu kuliner populer dari Indonesia, termasuk soto Lamongan. Soto ini berassal dari Kota Lamongan, Jawa Timur dan menjadi kuliner khas dari daerah tersebut. Yang menjadi pembeda dari soto Lamongan dan soto-soto lainnya adalah bahan taburan yang digunakan pada soto Lamongan yang bernama Koya.

Koya ini berbahan dasar kerupuk udang serta bawang putih. Soto Lamongan terdiri dari ceker ayam, suwiran daging ayam, hati ampela, tomat, irisan kol, daun bawang, irisan telur ayam,  dan bihun. Kuah kuning nya memiliki cita rasa tersendiri yang benar benar lezat. bahkan kelezatan soto ini terkenal hingga ke berbagai pelosok daerah di Indonesia.

Rawon

Makanan khas Jawa Timur lainnya yang cukup populer adalah rawon. Kuliner yang memiliki kuah berwarna hitam ini seringkali disajikan dalam acara-acara pernikahan. Kuah nya yang berwarna hitam ini dikarenakan bumbu kluwek yang digunakannya. Untuk penyajiannya, biasanya rawon disajikan bersama dengan nasi, telur asin, tauge, kerupuk serta sambal. Bahkan saat ini banyak sekali warung warung yang menjual kuliner rawon menjadi salah satu menu favorit di tempat ini. Banyak kota yang memiliki kuliner rawon yang terkenal, namun rawon yang cukup populer dan lezat berada di Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Nasi Krawu

Nasi krawu merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang terkenal asal Gresik. Kuliner ini merupakan nasi yang dilengkapi dengan irisan daging sapi atau jeroan, dengan sambal terasi dan serundeng. Memang jika dilihat sekilas seperti nasi biasa, namun yang membedakan adalah nasi krawu menggunakan jenis nasi pulen yang kemudian disajikan di daun pisang. Daging atau jeroan sapi diolah dengan bumbu rempah yang khas hingga membuatnya benar benar meresap. Pilihan serundengnya dapat gurih atau pedas, yang disesuaikan dengan pilihan. Sambalnya terbua dari cabai, terasi, petis, dan garam yang pedas dan lezat.

rujak-sotoRujak Soto

Kuliner yang satu ini memang cukup unik karena mengkombinasikan dua kuliner yaitu rujak dan soto. Kuliner khas Jawa Timur ini berasal dari Banyuwnagi yang memiliki cita rasa khas dari kedua makanan tersebut. Kuliner ini bersiikan irisan lontong, tahu, tempe, sayuran pecel, dan mentimun. Seluruh bahan bahan tersebut nantinya akan diguyur dengan bumbu rujak yang terdiri dari gula merah, pisang muda, petis, garam, dan cabai rawit. Setelah itu ditambahkan dengan kuah soto kuning yang dilengkapi jeroan atau daging.

Bakso Malang

Kuliner khas Jawa Timur yang satu ini cukup populer bahkan hingga ke kota-kota lainnya di luar Jawa Timur. Makanan khas dari Malang ini tak hanya dapat anda temukan di Kota Malang saja, namun juga dapat anda temukan berbagai tempat bahkan di luar Pulau Jawa.

Bakso memang menjadi makanan khas dari Indonesia yang terkenal lezat, termasuk Bakso Malang. Namun bakso Malang memiliki ciri khas dan cita rasa yang bebeda dibandingkan dengan bakso bakso lainnya. Sehingga tak heran jika kuliner yang satu ini banyak dicari wisatawan saat berkunjung ke Kota Malang.

Lontong Balap

Sajian kuliner yang satu ini juga cukup ikonik dari Kota Surabaya, bahkan tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Surabaya tanpa mencicipi makanan khas Jawa Timur ini. Lontong Balap terdiri dari berbagai bahan seperti lontong, tahu, tauge, lenthok, bawang goreng, kecap, dan berbagai pelengkap serta sambal. Bahan bahan tersebut nantinya disiram dengan kuah yang begitu lezat.

Dulunya makanan ini dijajakan dengan cara dipikul dan diarak keliling kota. Namun kini banyak kios-kios yang menjual makanan lontong balap tanpa perlu memikul berat-berat lagi. Jika dilihat sekilas, kuliner ini mirip dengan kupat tahu. Namun kuah lontong balap diracik sendiri dengan berbagai bumbu khusus sehingga memiliki cita rasa tersendiri.

Gado-Gado

Makanan khas Jawa Timur lainnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah Gado-Gado. Bahkan kelezatan kuliner yang satu ini tidak hanya disukai oleh orang Indonesia saja, namun hingga wisatawan asing yang sedang berkunjung ke Indonesia. Makanan yang satu ini memang terbilang cukup sehat karena terdiri dari berbagai macam sayuran-sayuran. Mulai dari sayuran rebus, tempe, tahu,telur, kentang, ketupat, dan kemudian disiram dengan saus kacang yang membuat rasanya semakin lezat. Jika sekilas, kuliner yang satu ini mirip dengan salad hanya saja penyajiannya lebih tradisional.

gado gado

Ayam Lodho

Makanan legendaris asal Tulungagung ini cukup populer karena rasanya yang begitu lezat dan pastinya membuat ketagihan. Di dalam Ayam Lodho terdiri dari bahan dasar ayam yang dikombinasikan dengan santan dan bumbu-bumbu rempah. Jika dilihat sekilas, tampilan kuliner ini mirip dengan kari ayam namun pengolahannya sangat berbeda.

Untuk pengolahan Ayam Lodho, ayam akan dibakar terlebih dahulu dan kemudian dimasak dengan menggunakan bumbu kari. Kuliner ini disajikan bersama nasi uduk (nasi gurih) serta urap sayur. Bumbu rempahnya meresap hingga ke dalam ayam dan rasa pedasnya yang menggigit menjadi ciri khas tersendiri dari Ayam Lodho.

Pecel

Makanan khas Jawa Timur yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Banyak sekali yang menjadikan kuliner ini sebagai salah satu makanan favorit. Di Jawa Timur sendiri tedapat beberapa kota yang memiliki pecel khas daerahnya, semisal pecel khas Malang, pecel khas Kediri, pecel khas Jember, dan maish banyak lainnya.

Nasi Tumpang

Nasi tumpang atau yang dikenal dengan sego tumpang merupakan kuliner khas Kediri yang tidak boleh anda lewatkan. Penamaan nasi tumpang ini dikarenakan penyajiannya yang menggunakan kuah yang berasal dari sambal tumpang.

Sambal tumpang merupakan sambal yang terbuat dari tempe yang sudah bosok. Tempe tersebut dimasak dengan ayam atau terkadang menggunakan rambak (krupuk kulit sapi).

Nah itu tadi beberapa makanan khas dari Jawa Timur yang cukup populer bahkan hingga ke kota-kota lainnya di Indonesia. Sehingga saat anda berkunjung ke Indonesia, makaanan kuliern tersebut tidak boleh anda lewatkan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

 

Referensi

  • Makanan khas Jawa Timur
  • masfikr.com/makanan-khas-jawa-timur-yang-enak-dan-mantab/
  • food.idntimes.com/dining-guide/reza-iqbal/7-makanan-khas-jawa-timur-yang-enak-dan-nikmat-1
  • stuffpoint.com/asian-food-/image/155597/gado-gado-picture/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.